Sabtu, 16 April 2011

Tinju, Olah Raga Beresiko Tinggi

  Ini repost dari www.wikimu.com yg sedikit ngebahas tentang resiko olahraga tinju.

Tinju, Olah Raga Beresiko Tinggi
Oleh: Micky Jo

  Hampir semua cabang olah raga memiliki resiko cedera yang tinggi, namun olahraga yang langsung kontak dengan tubuh atau menjadikan anggota tubuh sebagai sasaran untuk meraih kemenangan merupakan olah raga yang menyerempet pada cacat seumur hidup bahkan kematian.
  Salah satu olah raga keras beresiko tinggi yaitu tinju. Olahraga yang banyak digemari oleh para wanita karena mempertontonkan otot - otot dan kejantanan seorang lelaki...wooooowww... Saya juga suka tuh, apalagi petinjunya macho seperti Mike tyson atau holyfield..hi..hi... Namun dibalik semua ketenaran dan kekekaran otot - ototnya tersebut sudah berapa banyak para petinju yang harus mengakhiri masa - masa jayanya karena cidera. Begitu banyak pukulan kebagian wajah dan kepala membuat para petinju tersebut dihari - hari menggantung sarung tinjunya ternyata harus menjalani perawatan karena menderita penyakit. Sebut saja petinju legendaries Muhammad Ali yang menderita penyakit Parkinson.
  Salah satu petinju  yang kehilangan nyawanya setelah memenangkan pertandingan adalah Choi Yo-sam petinju profesional asal Korea. Dironde ke-12, Choi terkena pukulan staright kanan lawan dirahangnya. Akibat pukulan tersebut Choi pun ambruk dan pingsan. Setelah mengalami perawatan selama seminggu, Choi akhirnya menghembuskan nafas terakhir. Walaupun telah tiada namun Choi tetap ingin berbuat kebajikan dengan cara mendonorkan lever, ginjal dan kornea untuk enam orang yang membutuhkan. Selamat jalan bung CHOI...
  Dunia olah raga tinju memang keras, walaupun sudah menggunakan perlindungan dibeberapa bagian tubuh yang vital namun pukulan, benturan pada bagian - bagian vital tersebut dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan jiwa...mungkin tidak saat ini..namun bisa jadi diusia yang telah tua...hal tersebut dirasakan.
  Bukannya menakut - nakuti loh...namun bila anda ingin menggeluti dunia olahraga tinju, anda tetap harus memperhatikan dan memberikan perlindungan pada bagian tubuh yang selalu menjadi sasaran empuk ( kepala ). ARTInya..jangan sampai kena pukulan..straight kanan..straight kiri...^_^

 Link berita: http://www.wikimu.com/News/DisplayNews.aspx?id=5657

Tidak ada komentar:

Posting Komentar